oleh

Sekda Apresiasi Kegiatan Bimtek Kecamatan Layak Anak yang di gelar DP3A

MONITORSULUT,MANADO – Untuk mewujudkan Kota Layak Anak (KLA), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Manado melalui bidang Pemenuhan Hak Anak, Rabu (05/05) gelar Bimbingan Teknis Kecamatan Layak Anak ,yang dibuka oleh Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Manado Micler Lakat didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Esther T J Mamangkey SE MM, di Gravilla Malalayang.

Menurut Sekda Lakat, Bimbingan teknis merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas petugas atau gugus tugas kecamatan layak anak dimana Kota Layak Anak adalah untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuh kembang anak secara maksimal dan benar sehingga kelak anak anak menjadi sumber daya manusia yang berkualitas tinggi
“Kegiatan ini sangat penting dilakukan dan diikuti karena untuk menjadikan anak anak sehat,cerdas,ceria, dan mampu beradaptasi dari kita sebagai orang tua”,ujar Lakat.
Dirinya juga mengatakan bahwa membangun negara dan membangun karakter bangsa akan lebih efektif bila dimulai dari anak anak
“Karena sifat anak yang belum terkontaminasi nilai nilai baru, dilihat dari sisi waktu, anak anak memiliki waktu yang lebih panjang dari orang dewasa, untuk itu diperlukan pengembangan kota layak anak”katanya.

Sembari menambahkan bahwa kota
Manado dinilai secara konsisten telah dan terus mengembangkan kotanya menjadi kota layak anak yang dibuktikan dengan diperolehnya penghargaan kota layak anak kategori madya dan akan menuju ke nindya.
“Untuk itu kita harus mengupayakan program program yang dapat mendukung kegiatan ini, dimana harus menyatukan komitmen dan sumber daya pemerintah yang melibatkan masyarakat, dunia Usaha yang berada di kecamatan dan kelurahan”,ujarnya.

Sekda menyampaikan bahwa Kota Layak Anak adalah suatu pembangunan kabupaten/kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk pemenuhan hak-hak anak.

“Untuk itu saya sangat mendukung kegiatan Bimbingan Teknis yang dilakukan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,sebagai wadah strategis untuk menyatukan langkah, meningkatkan sinegritas semua pihak dalam mewujudkan pengembangan Manado Kota Layak anak”,tutup sekda.

Sementara Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Esther TJ Mamangkey,SE MM, mengatakan maksud dan tujuan dari kegiatan ini untuk memotivasi dan mendorong terwujudnya kecamatan dan kelurahan yang mampu mempromosikan,melindungi,memenuhi dan menghormati hak hak anak.
“Langkah baik bagi kita untuk saling bekerja sama dan bersinergi dalam melaksanakan program strategis terutama guna mencapai kualitas hidup anak yang menjadi lebih baik dan komprehensif”,ujar Esther.

Selain Sekertaris Daerah (Sekda) Kota Manado Mickler Lakat yang menjadi narasumber ada juga Drs Boaz Wilar MSi dari Pakar Kesetaraan Gender, dan Kegiatan tersebut diikuti oleh utusan utusan dari kecamatan yang ada di Kota Manado.(yulia)

News Feed