oleh

Pantai Patokan Boltim Mulai di Gemari Wisatawan

BOLTIM, MonitorSulut – Memiliki panjang garis pantai lebih kurang 122.878 kilometer, ternyata Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), kaya dengan berbagai destinasi wisata baharinya.

Baru-baru ini, penikmat wisata bahari kembali dimanjakan dengan eksotisnya Pantai Patokan yang dianggap mirip dengan May Bay di Phuket, Thailand. Pantai May Bay Phuket sendiri, dikenal sebagai lokasi syuting film The Beach yang dibintangi aktor Leonado Di Caprio, tahun 1999.

Dibingkai dengan dua tebing serta terdapat semacam laguna berwarna hijau biru ditambah pasir putih, kian mempercantik pemandangan alam di sekitar Pantai Patokan yang menjadi ikon wisata anyar milik Boltim.

Pantai Patokan terletak di Desa Jiko, Kecamatan Nuangan. Sekitar 15 menit jarak tempuh dari ibukota Tutuyan atau sekitar 1 jam lebih 24 menit dari Kotamobagu menuju ke lokasi tersebut. Sedangkan dari arah Manado, cukup 4 jam 10 menit jarah tempuh yang dihabiskan ke pantai itu.

Untuk sampai ke lokasi, pengunjung diharuskan menyewa perahu milik nelayan agar sampai ke Pantai Patokan.

“Jarak tempuhnya 15 menit dari Port Jiko. Harus sewa perahu motor milik nelayan.” Kata Randa Mamonto, pengunjung dari Kota Kotamobagu.

Keindahan yang dimiliki Pantai Patokan tidak secantik dengan dukungan akses transportasi yang disediakan pemerintah daerah. Kendala itu harus segera diatasi Pemkab Boltim melalui Dinas Pariwisata dan Budaya (Parbud).

“Tahun 2018, anggaran penataan Pantai Patokan kita siapkan. Sekitar Rp3 miliar, kami usulkan untuk pengaspalan jalan akses wisata, air bersih dan toilet, gazebo hingga penataan sampah di sekitar Pantai Patokan.” kata Rizky Lamaluta, Kepala Dispar Boltim, Minggu, (12/11/2017).

Kata dia, solusi penataan wisata Pantai Patokan akan melibatkan pemerintah dan masyarakat desa Jiko. Pun sebaliknya, tarif sewa perahu motor akan diseragamkan guna mendongkrak pengunjung.

“Pemerintah gencar mempromosikan Pantai Patokan. Supaya menarik wisatawan lokal dan mancanegara, aksesnya kita perbaiki. Tarif sewa perahu nanti kita seragamkan.” Pungkasnya. (Man)

News Feed