oleh

Hadir di Rapat Paripurna, Walikota AA Jelaskan Tahap Awal RPJMD Manado Tahun 2021-2026

MONITORSULUT,MANADO – Walikota Andrei Angouw dan Wakil Walikota dr Richard Sualang, Senin (26/07) mengikuti Rapat Paripurna DPRD Kota Manado dalam Rangka Pembahasan Tahap Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kota Manado tahun 2021-2026.

Rapat paripurna tentang Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado tahun 2021 – 2026 ini dengan agenda;
1. Mendengarkan penjelasan Walikota Manado tentang Rancangan Awal RPJMD 2021 – 2026,
2. Penetapan Pansus Pembahasan Rancangan Awal RPJMD Kota Manado 2021-2026.

Rapat Paripurna ini dipimpin Ketua DPRD Kota Manado Ibu Dra. Altje Dondokambey M.Kes, Apt., dihadiri unsur Wakil Ketua DPRD dan Anggota DPRD Kota Manado, Sekot Manado Bpk. Micler C.S. Lakat, pejabat eselon lainnya, para Camat, unsur pers dan undangan lainnya.

Mengingat situasi dan kondisi saat ini masih terkait dengan wabah Covid-19, sehingga rapat ini dilakukan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan guna pencegahan penyebaran Vovid-19.

Bagi pejabat yang tidak hadir secara fisik, mengikuti rapat ini secara Online/Virtual yang dilakukan dengan menggunakan teknokogi Video Conference melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting yang diakses pada Handphone/Laptop dari tempat masing-masing.

Rapat Paripurna dibuka oleh Ketua DPRD dan selanjutkan pembacaan beberapa surat masuk oleh Sekwan DPRD Kota Manado Bpk. Zainal Abidin.

Selanjutnya penyampaian penjelasan oleh Walikota Manado tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Manado tahun 2021-2026.

RPJMD merupakan Dokumen Perencanaan Pembangunan lima tahun kedepan. Bagi Walikota RPJMD ini menjadi pedoman dari Pemerintah Daerah Kota Manado termasuk SKPD dalam melaksanakan pembangunan lima tahun kedepan.

Walikota menyampaikan ada kenaikan angka pengangguran karena kita masih dalam masa pendemi.
“Isu-isu strategis yang akan diansipasi kedepan adalah soal pergerakan jumlah penduduk. Juga soal peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Dan menjadi isu utama adalah bagaimana kita manangani pandemi covid 19,” urai Walikota.
Pengurangan pengangguran juga menjadi isu strategis yang aka disikapi kedepan. Pemulihan ekonomi menjadi target kedepan supaya masyarakat tidak semakin terpuruk diera pandemi ini.

Diakhir sambutan, Bpk. Walikota memohon dukungan semua pihak khususnya dari DPRD Kota Manado agar RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026 dapat dibahas untuk dilaksanakan bagi masyarakat Kota Manado Lima Tahun kedepan.

Bapak Walikota juga berharap agar kita semua ikut berpartisipasi dalam penanganan covid. “Kita harus protokol kesehatan dan perlu sosialisasi agar kita dan juga masyarakat Kota Manado yang wajib vaksin untuk ikut vaksinasi,” Kunci Walikota.

Selesai sambutan Walikota, rapat paripurna diskors 10 menit oleh Ketua DPRD menunggu persiapan fraksi-fraksi untuk menyiapkan personilnya masuk dalam keanggotaan Panitia Khusus (Pansus) RPJMD Kota Manado tahun 2021 – 2026.

Setelah skors dicabut, rapat paripurna dilanjutkan dengan pembacaan surat masuk usulan nama-nama Pansus oleh Sekwan DPRD Kota. Nama-nama usulan setiap fraksi ini ditetapkan sebagai Pansus RPJMD Kota Manado tahun 2021-2026 oleh Ketua DPRD dengan Ketua Pansusnya Ibu Rosalita Manday.(adv)

News Feed