oleh

UTD RSUP Kandou Gelar Aksi Donor Darah

Monitorsulut.com — Guna memenuhi kebutuhan stok darah, Unit Tranfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Dr R.D Kandou Manado, Rabu 07/04/2021, melaksanakan aksi donor darah bagi karyawan juga masyarakat umum, di lobi kantor pusat administrasi RSUP Kandou.

Kepala UTD RSUP Kandou Manado dr Steven Lapian mengatakan sebagai pekerja kesehatan kita beri contoh kepada masyarakat untuk berdonor darah dan sesuai ketentuan yang ada di Rumah Sakit setiap 2 sampai 3 Bulan dilakukan donor darah untuk menghidupi unit transfusi Darah.

“Sesuai ketentuan di RSUP Kandou, kami UTD melakukan aksi Donor Darah rutin setiap 2 atau 3 bulan agar stok darah yang dibutuhkan 50 Kantong perhari bisa terpenuhi karena kita harus menghidupi unit transfusi darah, dan diharapkan pekerja kesehatan yang ada di RSUP Kandou bisa memberi diri dalam aksi donor darah ini,”kata Lapian.

Menurut Lapian RSUP Kandou mendapat ide dari UTD Kapal Amerika yang mendapat stock darah dari Karyawan Kapal Amerika tersebut.

“Kami mendapat ide dari kapal Amerika UCC Mercy dan ide itu diterima oleh Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Kandou, dr Jeheskiel Panjaitan, yang memang rutin melakukan donor darah”,ujarnya.

Dengan donor darah ini dirinya berharap banyak Karyawan RSUP Kandou dan masyarakat yang ada di Manado dengan kerelaan dan antusias yang tinggi melakukan aksi donor darah yang bisa membantu warga yang membutuhkan, karena setetes darah yang anda donorkan sangat berarti bagi hidup seseorang.

Sementara pegawai RSUP Kandou Moses Rompas,SH mengatakan dengan rutin berdonor badan jadi sehat. “Saya rutin memberikan darah saya untuk di donor, dan sekarang sudah donor yang ke tiga,” Ujar Rompas ketika di wawancara tim Hukormas, hal yang sama turut di iyakan rekan kerjanya Youngki Mantiri ,SH, usai melakukan donor darah.

Untuk di ketahui kegiatan donor darah yang lakukan UTD RSUP Kandou berlangsung selama 3 hari, dan  hari pertama ini terkumpul 15 kantong.(QR)

News Feed