oleh

Gubernur Sulut Olly Dondokambey Lantik 1 Walikota dan 4 Bupati Bersama Wakil

MONITOR Sulut.- Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) menggelar acara Pelantikan 4 Bupati/Wakil Bupati dan 1 Walikota/Wakil Walikota oleh Gubernur Olly Dondokambey dan Ketua TP. PKK Kabupaten/Kota oleh ketua TP. PKK Prov Sulut Ibu Dondokambey-Tamuntuan di gedung Graha H.V Worang Bumber, Jumat (26/02/21).

Acara didahului dengan pengambilan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia (Mendagri RI) oleh Gubernur Sulut beserta para asisten dan karo umum dengan menggunakan protokol acara di wisma Graha Bumber. Selanjutnya menuju ruang pelantikan di gedung Graha H.V Worang.

Mengingat pandemi Covid-19 yang masih berlangsung maka acara ini digelar dengan menerapkan Protokol Kesehatan secara ketat.
Bahkan, Kepala Daerah yang dilantik sebelumnya diwajibkan melakukan isolasi diri, guna menjaga kesehatan sebelum mengikuti kegiatan pelantikan.

Pelantikan diawali dengan Pembacaan Keputusan Mendagri RI Nomor: 131.71/294 tahun 2021 tanggal 22 Februari 2021 dan nomor:131.71/374 tahun 2021 tanggal 24 Februari 2021 tentang Pemberhentian Pengangkatan Bupati/Wakil Bupati, Walikota/Wakil Walikota oleh Karo Pemerintahan dan Otda Jemmy Kumendong.

Pelantikan dilakukan oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey terhadap Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Selatan terpilih, Franky Donny Wongkar, SH dan Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th; Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, SE dan Kevin W. Lotulung, SE; Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Selatan, Iskandar Kamaru, S.Pi dan Deddy Abdul Hamid; Bupati dan Wakil Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, S.Sos dan Oskar Manoppo, SE, MM, serta Walikota dan Wakil Walikota Tomohon, Caroll Senduk, SH dan Wenny Lumentut, SE. Mereka akan memimpin daerah masing-masing dalam masa jabatan 2021 – 2024.

Kemudian dilanjutkan dengan Pengucapan Sumpah dan Janji Jabatan dipandu oleh Gubernur dan didampingi oleh ketua Sinode GMIM selaku Rohaniwan Kristen, Ketua MUI selaku Rohaniwan Islam, dan Uskup Manado selaku Rohaniwan Katolik.

“Sumpah janji ini disaksikan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan manusia yang harus ditepati dengan segala keikhlasan dan kejujuran. Saya percaya saudara-saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” tutur Gubernur Olly.

Pelantikan diakhiri dengan Penandatanganan Berita Acara Pengucapan Sumpah Janji Jabatan dan Pakta Integritas.

Acara dilanjutkan dengan Pelantikan Ketua TP. PKK Kabupaten/Kota, yang diawali dengan mendengarkan lagu Indonesia Raya dan lagu Mars PKK.

Pembacaan Keputusan Ketua TP PKK Prov Sulut oleh Sekretaris TP PKK Prov Sulut Ibu Ellen Tirayoh Jacob.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua TP PKK Prov Sulut Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan terhadap Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Syanet Karundeng dan Ellen Sangi; Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Selatan Elsje R. Sumual dan July Waty; Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Minahasa Utara Rizta Davega dan Kristi K. Arina; Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan Selpian Manopo dan Rosdiana Lapatola; serta Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Bolaang Mongondow Timur Seska E. Budiman dan Rosita Pobela.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Naskah Pelantikan oleh para Kepala Daerah dan Ketua TP PKK yang baru saja dilantik.

Ketua TP PKK Prov Sulut, Ibu Rita Dondokambey Tamuntuan, dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan ketua-ketua PKK adalah sebagai pemimpin gerakan pemberdayaan dan mensejahterakan keluarga.

“Saya berharap Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota yang baru dilantik juga Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota lainnya untuk memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi serta tanggap terhadap kondisi permasalahan yang dihadapi di daerah masing-masing,” tuturnya.

“Sebagai mitra pemerintah, Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota melaksanakan program-program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat yang tentunya sinergi dengan program pemerintah secara berjenjang,” tukasnya.

Mengawali sambutannya, Gubernur Olly menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Bupati, Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota yang sebelumnya, karena sudah menorehkan pembangunan di Provinsi Sulut yang berjalan dengan baik sinergitas pemerintahan, sehingga apa yang dicapai pada hari ini, Provinsi Sulut mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat.

“Kepada Kepala Daerah yang baru dilantik, harus mampu merealisasikan visi Saudara bagi daerah melalui program kerja bertahap setiap tahun yang disesuaikan kemampuan dan potensi daerah serta sinergi dengan arah pembangunan nasional termasuk di dalamnya visi pembangunan Sulawesi Utara yakin mewujudkan Sulawesi Utara yang maju dan sejahtera sebagai pintu gerbang Indonesia Asia Pacifik,” ungkapnya.

“Selanjutnya kepada Ketua Penggerak PKK yang juga baru dilantik, Saya harapkan dapat segera beradaptasi dengan ruang lingkup tugas serta dengan segenap melaksanakan konsolidasi secara internal bersama pengurus tingkat Kabupaten/Kota dan juga menjalin koordinasi di tingkat pengurus Provinsi,” tandasnya.

Acara diakhiri dengan Doa oleh Ketua Sinode GMIM, Pdt. Hein Arina.

Acara ini dihadiri oleh jumlah undangan yang sangat terbatas, dan disiarkan via live streaming agar disaksikan oleh seluruh masyarakat Sulut. (***)

News Feed