by

Kountur Ingatkan Pada Pengelola BUMDes Harus Libatkan Seluruh Masyarakat

Mitra, MONITORSULUY.com. – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) yang notabene berhubungan langsung dengan masyarakat. Aleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) menghimbau agar pihak eksekutif lebih menaruh perhatian pada pemberdayaan BUMDes untuk tahun 2020 nanti.

Hal ini dikatakan, Ketua Komisi A DPRD Mitra Artly Kountur yang salah satunya membidangi urusan pemerintahan. Karena keberadaan BUMDes yang bersentuhan langsung dengan masyarakat arahannya dapat menggerakkan perekonomian masyarakat desa secara langsung.

“Dengan adanya BUMDes, maka bisa berdampak menggerakkan ekonomi kerakyatan di desa. Asalkan mereka diberikan perhatian lebih untuk mengembangkan usaha. Perlu diberdayakan lagi di tahun 2020,” ucap Kountur.

Kountur berharap inovasi dan kreatifitas dalam pengembangan BUMDes dapat terjadi sehingga membawa keuntungan bagi masyarakat desa secara keseluruhan. Program pengembangan usaha milik desa itu tak kalah nilai vitalnya dengan program pembangunan fisik di desa. Bahkan BUMDes yang berhasil berkembang dapat memberi konstribusi pada pembangunan fisik di desa bersangkutan.

“Apabila ada perhatikan dari pihak eksekutif untuk mendorong BUMDes maka itu akan sangat penting. Sama pentingnya dalam mengembangkan pembangunan fisik di desa,” tutur Kountur.

Kountur juga mengingatkan kepada pemerintah desa, dan pengelola BUMDes agar jeli melihat peluang usaha, dengan melibatkan seluruh masyarakat.

“Jika ada peluang usaha maka manfaatkan itu dengan baik. Sebagai contoh ada di daerah lain, BUMDes bisa mendapatkan laba sampai miliaran rupiah, saya harap di Minahasa Tenggara bisa ada seperti itu,” ungkap Kountur. (James)

Mitra, MONITORSULUT.com -- Sosialisasi Stakeholder Tingkat Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), yang dipimpin oleh Ketua Divisi
Mitra, MONITORSULUT.com. – Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Utara (Sulut) ke-10 Tahun 2019 yang digelar
MONITOR Sulut -Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven O.E. Kandouw menghadiri safari Natal bersama pemerintah dan
MONITOR Sulut - Hari Guru tanggal 25 November 2019 diperingati di seluruh sekolah dan instansi

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed