by

Mitra Mengukir Prestasi dengan Dianugerahi Penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari Kemendagri

 

Mitra, MONITORSULUT.com. — Kembali Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengukir prestasi dengan dianugrahi penghargaan Swasti Saba Wiwerda dari Kementrian Dalam Negri (Kemendagri) bersama Kementrian Kesehatan (Kemenkes) (Kabupaten Sehat) bertempat di kantor Kemendagri Jakarta, Selasa (19/11).

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Mendagri Tito Karnavian dan Menkes Terawan Agus Putranto kepada Bupati James Sumendap yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr Helni Ratuliu.

Dalam sambutannya Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa saat ini pemerintah menitikberatkan pada stunting dan jaminan kesehatan nasional, dimana Kabupaten/Kota sehat merupakan wujud nyata konvergensi intervensi spesifik dan intervensi spesifik dalam penurunan stunting di Indonesia.

“Angka stunting turun dari 37 persen menjadi 27 persen dalam kurun waktu 6 tahun,” ujar Terawan Agus Putranto.

Menurut World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia, stunting adalah kegagalan pertumbuhan anak akibat gizi buruk, terkena infeksi berulang kali, dan kekurangan stimulasi psikososial.

Sementara itu, Tito Karnavian menjelaskan terkait bonus demografi di Indonesia, dimana besar angkatan kerja bakal mempengaruhi angka pengangguran.

“Berbeda dengan Singapura dan Jepang yang mengalami aging population, kita justru alami problema bonus demografi, yaitu besarnya angkatan kerja. Jika tak segera diatasi, ini bisa jadi masalah dan angka pengangguran bisa naik,” ungkap Tito Karnavian.

Hal yang sama juga dikatakan Helny Ratuliu, ini adalah kali kedua Mitra mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat, setelah sebelumnya pada 2017 menerima predikat Swasti Saba Padapa.

“Sangat luar biasa dalam kepempinan Bupati James Sumendap SH dan Wakil Bupati Drs Jocke Legi, kembali Mitra meraih penghargaan ini. Kita patut bersyukur karena merupakan kebanggaan bagi Mitra karena ini berarti pengakuan Mitra sebagai kabupaten sehat naik satu tingkat menjadi Swasti Saba Wiwerda,” jelas Ratuliu.

Ratuliu juga menambahkan, keberhasilan ini bisa diraih berkat kerja keras semua elemen pemerintah, stakeholder terkait, dan masyarakat dalam mendukung hadirnya tatanan hidup yang baik dan sehat.

“Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras dan komitmen semua pihak, lebih khusus Bupati James Sumendap dan Wakil Bupati Jesaja Legi yang terus mendorong dan memotivasi seluruh jajaran hingga masyarakat dalam menciptakan tatanan yang baik dan sehat di Mitra,” pungkas Helny. (James)

Mitra, MONITORSULUT.com. – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mendapatkan peringkat
MONITOR Sulut - Dibawa kepemimpinan Direktur Utama (Dirut) Bank SulutGo Jeffry AM Dendeng terobosan demi
Mitra, MONITORSULUT.com. - Pemberdayaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dalam lingkup Pemerintah Kecamatan Tombatu Utara
MONITOR Sulut - Berdasarkan keputusan carteker DPD I KNPI Sulut maka. Tahapan musda XIV Pemuda
  Mitra, MONITORSULUT.com. — Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) untuk tiga desa di Kabupaten Minahasa Tenggara

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed