oleh

Harto Lumenta : Mari Lestarikan Tingkatkan Semangat Leluhur Mapalus

MONITORSULUT,  MINSEL – Tradisi kebersamaan dalam bermasyarakat terus dipelihara membudaya di Desa Raanan Baru Dua Kecamatan Motoling Barat,ini dilihat dari semangat gotong royong yang terus dipelihara warganya.Kelompok warga bersama-sama menggotong rumah tempat kediaman warga untuk dpindahkan di tempat berbeda.

Menurut Hukum Tua Raanan Baru Dua Harto Lumenta semangat gotong royong ini sudah diajarkan oleh leluhur dan tua-tua adat di desa.”Semangat kebersamaan dan gotong royong sudah lekat di hati warga desa,apa yang diwariskan leluhur terus diimplementasikan warga melalui kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial,dan ini sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai pemerintah desa untuk terus menggalakannya,”ujar Lumenta.

Lumenta pun terus berupaya untuk terus melestarikan apa yang dinamakan mapalus,”Apapun itu jika bersifat bakti sosial dan positif dalam pembangunan karakter desa,tentunya harus kita tingkatkan,”ujarnya.

Dia pun mengharapkan generasi muda nantinya terus menghargai karya terbaik dari pada leluhur,”Tradisi ini harus terus ditingkatkan,karena saat ini jika bukan kita siapa lagi,mari semua bersatu padu demi pembangunan karakter bangsa yang bemartabat,”jelasnya.(roger)

News Feed